INFORMASI DI BLOG INI HANYALAH SEKEDAR UNTUK TUJUAN INFORMATIF TAMBAHAN SAJA, untuk informasi dan berita selengkapnya silahkan kunjungi Website resmi Universitas Katolik Santo Thomas SU pada laman : http://www.ust.ac.id/

CARA PENGECEKAN STATUS MAHASISWA UNIKA SANTO THOMAS DI FORLAP DIKTI


Forlap Dikti adalah Pangkalan Data Mahasiswa yang berisi data data yang amat penting bagi mahasiswa karena berkaitan dengan perkuliahan selama di Perguruan Tinggi. Data ini dapat menyatakan bahwa Anda benar-benar berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Data Mahasiswa ini akan dikumpulkan dan didaftarkan secara nasional pada PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) DIKTI.



PDPT ini dulu bernama EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasar Elektronik Data). Data Mahasiswa yang sudah ada di website PDPT DIKTI ini dapat menandakan bahwa mahasiswa tersebut secara sah diakui oleh Dikti.

Pada Profil Mahasiswa, ada beberapa informasi yang ditampilkan yakni seperti berikut:
  • Nama Mahasiswa
  • Jenis Kelamin Mahasiswa
  • Perguruan Tinggi yang Bersangkutan Berkuliah
  • Program Studi yang Ditempuh
  • Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  • Semester Awal Perkuliahan
  • Status Awal Mahasiswa
  • Status Mahasiswa Saat Ini

Pada informasi Status Kuliah menerangkan status keaktifan perkuliahan mahasiswa mulai dari awal perkuliahan hingga semester saat ini. Pada informasi ini juga menerangkan pula mengenai berapa SKS yang ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahannya.

Pada informasi Riwayat Studi sebenarnya hanya menjabarkan informasi Status Kuliah saja, yakni mengenai mata kuliah apa saja dan beban sks yang sudah ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahannya. 


Mengapa Anda harus mengecek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI?
Hal ini tentu sangat berkaitan bahwa kita benar-benar diakui oleh DIKTI sebagai Mahasiswa yang sah dan dari perguruan tinggi yang sah pula.

Sebenarnya untuk apa sih PDPT DIKTI itu? 
  • PDPT DIKTI banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam hal menilai seorang mahasiswa secara akademisnya. Sebagai contoh di dunia kerja, HRD akan melihattrack record seorang mahasiswa selama perkuliahnnya dari Website PDPT ini, selain itu HRD akan menilai status mahasiswa ini apakah berkuliah aktif atau tidak.
  • Untuk proses pengajuan beasiswa PPA dan BBP dari Dikti adalah mahasiswa yang sudah terdaftar di Forlap Dikti.

Melihat pentingnya status Anda di forlap Dikti maka berikut ini kami sampaikan : 
CARA MENGECEK STATUS KEAKTIFAN MAHASISWA UNIKA SANTO THOMAS DI WEBSITE DIKTI.

Pertama-tama, kita buka dahulu WEBSITE FORLAP PDPT DIKTI di http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau langsung klik DISINI



Langkah-Langkah untuk melakukan pengecekan Pada tampilan data Pencarian Data Mahasiswa adalah :
  • Langkah pertama : pada Kolom isian Perguruan Tinggi dapat Anda isi : Universitas Katolik Santo Thomas atau dapat juga dengan hanya mengetikkan kode perguruan Tinggi Unika Santo Thomas yaitu : 011009.
  • Langkah kedua : Isikan nama Program Studi yang Anda ikuti di Universitas Katolik Santo Thomas yaitu misalnya : Akuntansi S1
  • Langkah ketiga : Pada kolom kata kunci dapat anda isi 9 digit NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
  • Langkah keempat : Pada kolom Pengaman isilah huruf sama atau hasil penjumlahan yang diminta lalu klik CARI MAHASISWA
  • Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat pada tampilan gambar dibawah ini :

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut diatas dan setelah anda klik Cari Mahasiswa maka Anda akan diberikan tampilan seperti dibawah ini :

Jika Anda ingin lebih tahu informasi lengkap mengenai Data Mahasiswa, Anda dapat klik Nama Anda, maka keluarlah informasi lengkap Data Mahasiswa yang terdiri dari Profil Mahasiswa, Status Mahasiswa, dan Riwayat Studi. seperti gambar dibawah ini :


Demikian kami sampaikan, semoga berguna. terimakasih.
Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PENGECEKAN STATUS MAHASISWA UNIKA SANTO THOMAS DI FORLAP DIKTI"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner